Ayo "Custom" SesukaMu!

PT Bumi Mataritama berpengalaman selama 20 tahun lebih dalam bidang pembuatan berbagai perlengkapan custom berbahan utama stainless steel Grade terbaik (SS201, SS304, dan SS316). Disamping itu kami juga memproduksi peralatan rumah tangga dan industri berbahan besi serta material lainnya untuk produk tertentu.

Dikenal Food Grade, Berikut Komposisi Stainless Steel 304

Stainless Steel merupakan salah satu jenis logam yang digunakan secara luas dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari bangunan hingga peralatan makan yang berbahan stainless bisa kita temukan dengan mudah. Karena terdiri dari paduan logam yang rapat, material ini tidak memiliki pori-pori, tahan lama serta mudah dibersihkan. Stainless Steel memiliki berbagai jenis paduan, salah satunya adalah Stainless Steel Alloy 304.

Tipe paduan 304 merupakan Stainless Steel paling serbaguna dan banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Logam ini kadang masih disebut dengan nama lamanya, 18/8 yang berasal dari komposisi kimia yang terkandung di dalamnya yakni 18% kromium dan 8% nikel. Paduan Stainless Steel Alloy 304 adalah austenitic grade mudah yang ditarik dan dibentuk. Properti ini menjadikan paduan 304 sebagai grade Stainless Steel yang paling dominan digunakan dalam pembuatan bak cuci dan panci. Anda dapat menemukan paduan satu ini dalam berbagai bentuk mulai dari lembaran, batangan, kepingan, piringan, tabung hingga gulungan.

Komposisi Paduan 304 Stainless Steel

Paduan 304 Stainless Steel tersusun dari berbagai jenis unsur dengan presentase yang beragam. Informasi lengkapnya dapat Anda simak pada tabel berikut ini:

ElemenPresentase (%)
Karbon (C)0,07
Kromium (Cr)17,5-19,5
Mangan (Mg)2,00
Silikon (Si)1,00
Posfor (P)0,045
Sulfur (S)0,015b)
Nikel (Ni)8,00-10,50
Nitrogen (N)0,10
Besi (Fe)Seimbang

Manfaat Paduan 304 Stainless Steel di Berbagai Sektor Industri

Dengan berbagai sifat istimewa yang dimilikinya, paduan 304 banyak dimanfaatkan untuk berbagai sektor industri antara lain:

1. Industri Pembuatan Peralatan Masak

Foto. Nampan stainless steel, Jaya Stainless memproduksi aneka nampan stainless SS304. WA/Telp 081310045708

Dikenal juga dengan nama lain baja tahan karat, material satu ini banyak dipilih untuk membuat beragam peralatan masak. Penggunaan wadah makanan berbahan plastik yang berbahaya kini mulai dikurangi dengan beralih ke Stainless Steel yang tahan karat karena tidak terpengaruh oksidasi. Secara khusus tipe 304 merupakan paduan yang paling umum digunakan di dunia karena daya tahan terhadap korosi yang sangat baik. Terutama untuk aktivitas yang melibatkan garam dan klorida. Selain kandungan nikel, kromium yang ada di dalam material mampu mengikat oksigen di permukaan peralatan masak dan mencegahnya teroksidasi. Beberapa peralatan masak yang dibuat dengan paduan 304 ini antara lain adalah panci dan wajan.

2. Bahan Pembuatan Baut, Mur dan Sekrup

Foto. Baut stainless steel, kami juga menjual baut stainless steel. WA/Telp 081310045708, 087881743863

Baut, mur dan sekrup merupakan bahan yang diperlukan di berbagai sektor industri. Benda kecil ini berfungsi untuk menyatukan dua objek (atau lebih) secara non permanen. Meskipun sifat dasar paduan tipe 304 tidak memiliki sifat magnetik, setelah diolah menjadi baut atau sekrup (dengan proses cold forming dan pemukulan), magnet akan dapat menariknya sedikit meski tidak sekuat besi. Meski begitu bukan berarti paduan 304 Stainless Steel tidak bagus untuk dijadikan baut. Untuk pembuatan peralatan masak hingga mesin yang memiliki risiko berkarat tinggi, mur, sekrup dan baut dari paduan ini sangat cocok digunakan.

3. Bahan Pembuatan Bak Cuci dan Backsplash

Foto. Wastafel/kitchen sink stainless steel yang diproduksi di Jaya Stainless

Daya tahan serta tampilan mengkilap yang dimiliki oleh paduan SS 304 ini membuatnya cocok digunakan sebagai material bak cuci baik di kamar mandi rumah, tempat cuci piring maupun wastafel di tempat-tempat umum. Tidak hanya dari segi tampilan, permukaannya juga relatif mudah dibersihkan, bebas kerak dan bau tak sedap. Karena permukaannya tidak berpori, bakteri dan material asing lain tidak akan tertinggal sehingga bak cuci lebih tahan lama. Selain bak cuci, paduan 304 juga cocok dijadikan bahan backsplash.

4. Industri Bangunan

Foto. Drain gutter stainless steel SS304 yang diproduksi Jaya Stainless

Dalam industri bangunan, paduan 304 Stainless Steel dimanfaatkan untuk melapisi bagian eksterior gedung. Setelah melalui proses pemotongan laser, forming hingga fabrikasi, lembaran-lembaran panel direkatkan di bagian luar bangunan untuk mempercantik tampilan secara keseluruhan.

5. Sistem Pipa

Foto. Railing tangga kolam renang yang diproduksi Jaya Stainless

Pipa dari paduan 304 Stainless Steel cocok digunakan untuk kebutuhan dekoratif maupun sanitary. Untuk tujuan dekorasi, pipa ini diaplikasikan pada konstruksi pagar, pintu gerbang, pegangan tangga hingga peralatan rumah tangga lainnya. Selain tahan lama, tampilan permukaannya pun cukup menarik meski tidak dicat. Pipa yang dibuat untuk tujuan dekoratif kurang cocok untuk pipa aliran uap panas karena berbagai pertimbangan. Untuk tujuan sanitary, pipa dari material ini dibuat khusus untuk industri pengolahan makanan yang berstandar IAFP (International Association for Food Protection). Pipa ini digunakan untuk proses produksi bir, susu, anggur, berbagai jenis minuman, pembuatan obat-obatan dan industri lain yang memerlukan tingkat higienitas tinggi.

6. Membuat Perlengkapan Medis dan Laboratorium

Foto. Scrub station uv sterilizer di Rumah Sakit produksi Jaya Stainless

Selain industri makanan dan obat-obatan, perlengkapan medis juga banyak yang dibuat dengan memanfaatkan paduan ini. Beberapa contohnya seperti desinfeksi tray (untuk bedah gigi), kawat mesh dan pinset. Perlengkapan laboratorium mulai dari meja bedah, wastafel untuk mencuci tangan hingga meja kerja histopatologi juga dibuat dengan menggunakan paduan 304 Stainless Steel.

Meski punya nama lain baja tahan karat, perlu diingat bahwa Stainless Steel tidak anti terhadap korosi. Lapisan tahan karat hanya terdapat pada bagian permukaan. Ketika bagian permukaannya tergores dan material berada di dalam air (terutama air laut) dalam waktu lama, korosi akan dengan mudah terjadi. Karena itu, sesuaikan jenis Stainless Steel yang Anda butuhkan dengan kondisi di lingkungan pemakaian.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *