Ayo "Custom" SesukaMu!

PT Bumi MataritamaĀ berpengalaman selama 20 tahun lebih dalam bidang pembuatan berbagai perlengkapan custom berbahan utama stainless steel Grade terbaik (SS201, SS304, dan SS316). Disamping itu kami juga memproduksi peralatan rumah tangga dan industri berbahan besi serta material lainnya untuk produk tertentu.

Cara Menaklukkan Sugar Craving saat Diet

Jakarta – Cara menaklukkan sugar craving saat diet penting Anda ketahui sehingga program diet yang Anda jalani bisa lebih optimal hasilnya.

Bagi Anda yang sedang berdiet, tentu tidak asing dengan istilah ‘sugar craving’. Sugar craving ialah situasi di mana seseorang ingin mengonsumsi sesuatu yang manis dan kesulitan mengontrol diri saat berhadapan dengan makanan.

Sugar craving menjadi satu di antara tantangan yang terbesar bagi Anda yang berdiet, terutama di awal program diet. Banyak orang sulit mengatasi keinginan makan, ngemil, maupun minum yang manis-manis, akibatnya diet menjadi berantakan.

Padahal, saat berdiet, menjauhi gula merupakan pilihan tepat. Hanya, menyingkirkan segala jenis gula bukan hal realistis. Beberapa gula ā€“ terutama gula dari sumber alami seperti buah ā€“ dapat menguntungkan untuk tubuh sehingga dapat menjadi alternatif.

Perlu diketahui, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengakali sugar craving yang muncul. Dengan begitu, keinginan Anda mendapatkan rasa manis terpenuhi, program diet juga bisa tetap berjalan.

Berikut beberapa cara menaklukkan sugar craving saat diet, disadur dari Klikdokter, Rabu (29/6/2022).

Cara Mengatasi Sugar Craving saat Diet

1. Menggunakan pemanis buatan secukupnya

Mengganti gula dengan pemanis buatan rendah kalori atau nol kalori memang sepertinya baik saat berdiet. Namun, sejumlah studi menyebutkan bahwa ada hubungan antara penggunaan pemanis buatan dan naiknya berat badan.

Hal ini bukan berarti pemanis buatan dapat menyebabkan naiknya berat badan, tetapi disinyalir membuat Anda lebih tergoda untuk makan yang manis-manis. 

Lebih lanjut, penelitian menunjukkan bahwa rasa manis, baik itu dari gula atau pemanis buatan, dapat menambah nafsu makan.

2. Tidur cukup

Memiliki tidur yang berkualitas adalah kunci penting untuk diet sukses. Tidak hanya membantu menahan ngidam makanan tertentu, tetapi juga membuat tubuh lebih berenergi sepanjang hari.

Studi juga menyebutkan bahwa kurang tidur dapat memicu tubuh untuk memproduksi hormon ghrelin, yang dapat merangsang nafsu makan. Jadi, tidurlah dengan cukup agar diet Anda sukses.

3. Mencukupi asupan vitamin dan mineral

Defisiensi magnesium memang belum terbukti dapat memicuĀ sugar craving,Ā tetapi tetap ada kemungkinan. Maka itu, penting bagi Anda untuk mencukupi asupan vitamin dan mineral selama berdiet. Anda dapat memperoleh vitamin dan mineral dari suplemen atau sayur dan buah-buahan.

4. Perbanyak makan buah-buahan

Saat Anda tengah membatasi atau menghindari gula tambahan, keinginan untuk makan yang manis-manis biasanya malah bertambah. 

Anda bisa mengonsumsi buah-buahan untuk memuaskan lidah. Selain manis, juga akan menambah kecukupan serat dan vitamin Anda. Namun ingat, jangan makan buah secara berlebihan karena bisa-bisa timbangan malah naik.

5. Jalan kaki

Satu di antara cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan sugar craving adalah pergi berjalan kaki. Jalan kaki dapat berguna untuk dua hal. Pertama, Anda menyingkir sementara dari pikiran tentang makanan.

Kedua, aktivitas fisik dapat mengeluarkan hormon endorfin yang dapat membantu meredam keinginan makan manis. Jika Anda sedang tidak bisa keluar rumah, melakukan burpees, push-ups atau squats juga dapat membantu.

6. Kelola stres dengan baik

Sama seperti tidur cukup, mengelola stres dengan baik juga dapat menjauhkan Anda dari sugar craving. 

Untuk meringankan pikiran dan jiwa, cobalah untuk sering-sering relaksasi, bisa dengan meditasi, pijat, menonton film bersama pasangan, bertemu teman-teman, liburan, dan melakukan kegiatan menyenangkan lainnya.

[ Terimakasih Telah Membaca Artikel Kami ]

Apakah Anda Tertarik Produk Stainless Steel? Kami siap membantu!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *