Ayo "Custom" SesukaMu!

PT Bumi Mataritama berpengalaman selama 20 tahun lebih dalam bidang pembuatan berbagai perlengkapan custom berbahan utama stainless steel Grade terbaik (SS201, SS304, dan SS316). Disamping itu kami juga memproduksi peralatan rumah tangga dan industri berbahan besi serta material lainnya untuk produk tertentu.

7 Kelebihan Sedotan Stainless Steel yang Ramah Lingkungan, Ingin Coba?

Dikutip dari SehatQ sejak sampah plastik disebut sebagai salah satu penyebab kerusakan lingkungan terbesar di dunia, tak sedikit orang mulai beralih menggunakan bahan alternatif untuk kehidupan sehari-hari. Termasuk menggunakan sedotan stainless steel sebagai pengganti sedotan plastik untuk minum.

Sedotan stainless steel yang dinilai ramah lingkungan dan dapat digunakan secara berkelanjutan atau jangka panjang, membuat banyak orang mulai memanfaatkannya. Sebab, sedotan plastik memang akhirnya menjadi sampah tidak terurai selama ribuan tahun.

Manfaat sedotan stainless steel

Di kalangan milenial, kesadaran peduli lingkungan ini secara perlahan bergeser menjadi tren gaya hidup, penggunaan sedotan stainless steel pun kian dianggap sebagai hal yang lazim dan patut dilakukan.Pada dasarnya, sedotan stainless steel memang memiliki banyak manfaat dan keunggulan ketimbang sedotan plastik maupun sedotan yang diolah dari bahan alternatif seperti kaca, bambu dan kertas.

Selain dapat digunakan secara berkelanjutan, ada beberapa hal yang menyebabkan sedotan stainless steel layak untuk Anda gunakan sehari-hari. Apa saja manfaat dan keunggulan sedotan stainless steel?

1. Ramah lingkungan
Ada begitu banyak bahan kimia beracun yang digunakan dalam proses pembuatan sedotan plastik. Bahan kimia berbahaya tersebut dapat mencemari udara, dan limbahnya menjadi polusi bagi air maupun tanah.
Jauh lebih buruk lagi, semua produk berbahan plastik sangatlah sulit diurai. Bahan sulit terurai ini akan menjelma menjadi sampah yang mengancam keberlangsungan ekosistem di darat maupun laut.
Salah satu penyebab plastik mudah menjadi momok bagi lingkungan adalah karena bahan ini hanya dapat digunakan sekali pakai. Berbeda dari sedotan stainless steel yang bisa dipakai berulang kali, dan menjadi keunggulannya. Sedotan stainless steel yang dapat digunakan berulang kali, sehingga bisa meminimalisir bahaya pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah plastik.

2. Mengurangi limbah
Sampah plastik membutuhkan waktu ribuan tahun untuk bisa terurai. Hal ini tidak sebanding dengan penumpukan gunungan sampah plastik di tempat pembuangan sampah maupun laut, akibat plastik diproduksi sebanyak 335 juta ton setiap tahunnya.Untuk mengurangi masalah limbah plastik tersebut, Anda dapat menggunakan bahan reusable, yang bisa dipakai secara berkelanjutan seperti sedotan stainless steel.

3. Hemat biaya
Anda mungkin tidak menyadari banyaknya sedotan yang digunakan dalam setahun. Meski plastik lebih murah, tetapi bahan ini tidak efisien dalam memangkas biaya karena sifatnya yang sekali pakai.Pada akhirnya, sedotan stainless steel jauh lebih ekonomis ketimbang sedotan plastik. Karena meski harganya sedikit mahal di awal, sedotan ini dapat digunakan bertahun-tahun.

4. Aman digunakan
Selain sedotan stainless steel, ada beberapa bahan alternatif pengganti sedotan plastik lainnya seperti kaca dan bambu. Sayangnya, kedua bahan alternatif ini lebih rentan rusak ketimbang sedotan stainless steel.
Sedotan kaca misalnya, meski tampak elegan, ternyata memiliki kekurangan karena mudah pecah, terlebih ketika digunakan anak-anak. Selain itu sedotan ini juga riskan pecah ketika bersentuhan dengan air bersuhu panas.
Sementara itu, sedotan bambu meski tidak serentan kaca, tetap memiliki kemungkinan pecah dan patah.
Berbeda halnya dari sedotan stainless steel yang kokoh dan tidak mudah pecah, tidak pula mudah patah. Hal ini menyebabkan sedotan stainless steel lebih unggul ketimbang dua bahan alternatif tersebut.

5. Mudah dibawa
Karena bahannya yang kokoh, sedotan stainless steel mudah dibawa ke mana pun. Anda juga tidak perlu khawatir menyimpannya di tas, karena sedotan ini tidak akan pecah maupun patah ketika terhimpit barang lain. Berbeda halnya dari sedotan kaca dan sedotan bambu yang lebih riskan.

6. Mudah dibersihkan
Manfaat dan keunggulan sedotan stainless steel selanjutnya yaitu bahan ini begitu mudah dibersihkan. Anda hanya perlu membeli sikat pembersih sedotan stainless steel yang dapat menjangkau bagian dalam sedotan.Lain halnya dengan sedotan bambu, yang riskan ditumbuhi lumut akibat bersarangnya jamur dan bakteri yang berasal dari air.

7. Lebih menyehatkan
Sedotan plastik mengandung bahan kimia Bisphenol A (BPA). Bahan kimia ini dapat membahayakan kesehatan, termasuk mengganggu sistem reproduksi, menyebabkan penyakit jantung hingga memperbesar risiko diabetes. Oleh karena itu, sedotan dari bahan alternatif seperti sedotan stainless steel lebih aman digunakan bagi kesehatan manusia.

Nah itulah 7 manfaat yang akan didapatkan dari penggunaan sedotan stainless steel yang lebih ramah lingkungan dan menyehatkan dibandingkan sedotan plastik, tapi setelah digunakan jangan lupa untuk memastikan mencucinya dengan bersih ya agar higienis dan tidak ada kuman yang terselip di dalam sedotan 🙂 Terimakasih telah membaca artikel ini, jika tertarik membeli atau mencustom produk stainless steel yang terjamin asli dan food grade kami siap membantu Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *